Jumat, 19 Juli 2013

Cara Menang Lomba Cerpen Dengan 7 Langkah

Hai temen-temen, aku ingin berbagi tips yang berguna banget.
Kebetulan saat ini banyak sekali lomba menulis pasti dong diantara kalian ada yang ikut. Tapi gimana sih caranya biar kita bisa jadi salah satu pemenangnya?
Oke baca dulu yuk tips menang lomba menulis dari Kak Benny ini

Menang Lomba Menulis dengan 7 Langkah Ini

Jumat, 08 Maret 2013, 15:00 WIB

Oleh: Benny Rhamdani*  




Baca persyaratan sebaik-baiknya, jangan sampai ada yang terlewat

Saya sudah lebih dari sepuluh kali memenangkan lomba penulisan cerita pendek dan artikel. Sudah lebih dari sepuluh kali pula menjadi lomba penulisan cerpen, novel dan artikel. Tips berikut ini, mungkin bisa berguna untuk penulis yang ingin memenangkan lomba penulisan.


IKUTI PERSYARATAN

Sebelum mengikuti lomba, baca dulu persyaratan yang diberikan panitia lomba. Hal yang paling utama adalah tema lomba. Seringkali ketika menilai lomba penulisan, saya membaca naskah kiriman peserta sangat jauh dari tema. Atau bahkan tidak menyinggung tema sedikit pun. Selain tema, lihat juga syarat teknis penulisan seperti maksimal halaman, jenis font atau ukuran font, hingga ukuran kertas. Kelihatan sepele, tapi percayalah panitia lomba membuat syarat tersebut dengan pertimbangan tertentu. Terakhir yang perlu diperhatikan adalah batas waktu pengiriman. Jangan sekali-kali mencoba mengirim pada batas waktu yang ditetapkan.



PERCUMA MENAWAR

Sedikit hal yang menggelikan, saya kerap menerima e-mail untuk menawar persyaratan yang diajukan panitia. Misalnya: ”Boleh nggak halamannya kurang sedikit? Boleh nggak pake font lain?” “Ini temanya romance ya? Boleh nggak tentang Vampir?” Jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan ke panitia lomba sebaiknya justru yang belum dicantumkan di pengumuman.



PERBESAR MOTIVASI 

Lakukan hal-hal yang bisa memperbesar motivasi kita untuk melakukan yang terbaik dalam menulis untuk lomba. Misalnya, dengan membaca karya pemenang lomba sebelumnya, jika ada. Lakukan juga hal kecil seperti menggunting pengumuman lomba dan menempelkan di dekat komputer atau tempat yang sering kita lihat. Melingkari hadiah yang diperoleh juara bisa juga jadi motivasi saat menulis.


MEMILIH IDE TERUNIK

Usahakan ide tulisan untuk lomba lebih unik dari naskah non-lomba. Unik bukan berarti harus berat dan membuat kita berkerut-kerut saat menulis. Ide unik berarti tidak biasa, sehingga bisa membuat juri berpikir naskah yang kita tulisa ' berbeda dan luar biasa'.


CARI KEKUATAN

Banyak penulis yang memaksakan semua unsur penulisan harus sempurna. Itu baik, tapi jika dilakukan dalam waktu terbatas sangat mustahil. Lebih baik kita cari kekuatan kita, lalu gunakan sebagai senjata kita. Jika kita penulis yang bagus dalam pemilihan diksi, perkuat di sana. Jika kuat dalam pemilihan setting, bisa diperkuat juga. Yang penting jangan sampai kita menulis tanpa senjata apapun untuk bertarung di lomba.


BERI WAKTU

Jika selesai menulis naskah lomba, jangan langsung dikirim. Beri waktu untuk mendiamkannya, lalu kita baca ulang. Jika kita punya sahabat yang bisa dipercaya, jadikan dia pembaca pertama naskah kita. Melakukan self editing adalah mutlak, tapi jangan lakukan langsung begitu selesai menulis. Enegi yang diperlukan untuk menyunting sama dengan menulis. Bayangkan jika kita menyunting di sisa energi yang kita miliki. Paling sering yang terjadi oleh peserta lomba, setelah mengirim naskah baru membaca ulang, hingga keluar kata-kata penyesalan, “Aduh harusnya di bab dua konfliknya diperkuat.” Nasi sudah menjadi bubur.



SIAPKAN MENTAL

Saat pengumuman tiba, pastikan mental kita sudah siap. Menang atau kalah dalam perlombaan adalah hal yang biasa. Jika menang segera bersyukur dan jangan tinggi hati. Jika kalah, harus berlapang dada. Jadikan semangat untuk ememnangkan lomba penulisan yang lain atau lomba yang sama pada periode berikutnya.

Mudah-mudahan tips ini bisa menjadi bekal. Atau malah punya tips lainnya? Silakan berbagi.



*Benny Rhamdani, penulis dan editor buku anak
Okeeee.......sekarang udah siap dong buat menulis dan mengikuti lomba? Semoga kalian jadi salah satu pemenangnya, ya teman-teman.
Ini juga bisa buat inspirasiku :)

cr: www.pena-laksitajudith.blogspot.com

5 komentar:

  1. infonya berguna bgt thanks yaa! sekiranya menurutmu bagus gak yaa kalo manggil dosen bhs.indo? buat ngajarin bikin cerita yg baik & sesuai kaidah bhs.indo kayak gimana...

    BalasHapus
  2. thanks ,, jadi nambah ilmu nihk :-D

    BalasHapus